Pengertian Backlink dan Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pada kesempatan kali in saya Ahli SEO Surabaya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai pengertian backlink, apa itu backlink dan bagaimana tips mendapatkan backlink yang berkualitas. Pada postingan sebelumnya kita telah mengetahui pengertian seo secara umum hingga mendetail. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membahas pengertian backlink secara mendetail, karena setelah mengetahui pengertian seo, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas backlink. Karena kedua hal ini sangat erat kaitannya dan sangat mempengaruhi bagaimana posisi sebuah website dalam SERP (Search Engine Result Page) atau hasil pencarian mesin pencari.

Pengertian Backlink, Apa itu Backlink?

Backlink secara umum adalah tautan yang mengarah kepada website atau link kita. Contoh, kita mempunyai sebuah website, ternyata blog si Ujang memberikan sebuah link pada beberapa kata kunci tertentu yang mengarah kepada website kita. Kejadian seperti ini bisa kita sebut sebagai backlink. Sekali lagi, backlink merupakan link yang mengarah pada link kita. Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini.
Ilustrasi Backlink

Mengapa Backlink itu penting?

Mengapa backlink itu penting dikarenakan fakta membuktikan bahwa Google salah satu search engine terbesar di dunia menilai da menempatkan sebuah website pada hasil pencarian berdasarkan jumlah backlink yang mengarah kepadanya, meskipun tidak 100% backlink mempengaruhi posisi pada SERP, Google memberikan porsi yang tidak sedikit terhadap jumlah backlink sebagai indikator penempatan webuah website pada SERP. Jika Anda tidak percaya, ayo segera buktikan! Jika tidak mau ribet mengenai backlink, berapa jumlahnya, skemanya seperti apa, bisa langsung hubungi saya!

Bagaimana mendapatkan backlink yang berkualitas?

Proses mendapatkan backlink yang berkualitas tentu tidak semudah yang dibayangkan, kita tinggal mengarahkan link kepada website kita. Tidak semudah itu kawan! Membangun backlink yang berkualitas perlu waktu dan strategi, strategi yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Saya tidak ingin bercerita mengenai backlink yang berkualitas disini, akan saya bahas pada postingan selanjutnya agar lebih mendetail dan mendalam. Pada intinya backlink yang berkualitas yaitu backlink yang disusun dengan contextual link dan relevan. Bingung ya? Maksud contextual link yaitu sebuah backlink yang mengarah pada situs kita berasal dari sebuah postingan, tidak berasal dari guestbook ataupun komentar. Dengan contextual link ditambah lagi berasal dari niche (topik) yang relevan, maka Google akan sangat menyenangi backlink yang seperti ini. Tidak percaya lagi? Buktikan!

Berikut ini adalah skema backlink yang sederhana yang dapat kita jadikan sebagai acuan dalam membangun backlink.
Skema Backlink Sederhana

Pada gambar diatas, sebenarnya skemanya terlalu sederhana. Kita bisa memodifikasi skema tersbut dengan menjadikan tier atau bertingkat. Maksudnya adalah kita memberikan backlik kepada backlink yang telah kita buat. Contohnya seperti ini, backlink #6 kita beri backlink dengan skema seperti diatas, jadi hasil akhirnya akan berbentuk seperti piramid.

Skema Pyramid Backlink

Dengan membangun backlink seperti diatas, kekuatan backlink yang kita bangun akan memiliki kekuatan yang kuat. Dengan satu syarat, tidak ada backlink yang terputus disalah satu backlink yang telah kita bangun. Selanjutnya masih banyak teknik membangun backlink agar mendongkrak posisi SERP kita. Salah satu teknik yang paling manjur yaitu membuat PBN (Private Blog Network), blog yang kita buat sendiri dan kita khususkan untuk memberikan backlink pada website yang kita optimasi. Untuk pembahasan lanjut mengenai PBN, kita akan bahas pada postingan selanjutnya. Maka dari itu, tetap pantengin Jasa SEO Surabaya ya! 

0 Response to "Pengertian Backlink dan Mendapatkan Backlink Berkualitas"

Posting Komentar